Assignment vs addition

Umumnya, operasi dalam pemograman adalah operasi assignment, di mana sebuah nilai di-set ke dalam sebuah variable tertentu. Contoh: player.setHealth(100); player.health = 100. Operasi tersebut me-set HP dari pemain menjadi 100.

Sementara addition (atau subtraction, multiplication, etc), adalah pengubahan nilai sebuah variable dengan nilai yang ada saat ini sebagai acuannya. Contoh: player.removeHealth(50); player.health = player.health - 50. Operasi ini mengurangi HP pemain sebanyak 50 dari jumlah HP yang ada. Perlu diketahui dalam operasi addition, tidak diketahui berapa nilai variable saat itu dan tidak diketahui nilai variable barunya. Yang diketahui adalah berapa besar perubahan nilai antara variable yang baru dengan nilai sebelumnya.

Assignment atau addition

Dalam beberapa kasus, ada beberapa function yang tidak jelas apakah operasi tersebut melakukan assignment atau addition. Contoh: function run(Direction direction, int step); player.run(Direction.Right, 10). Function tersebut tidak jelas apakah player akan bergerak ke kanan sebanyak 10 langkah dari posisinya, atau dari titik nol.

Bila kita ubah sedikit nama functionnya, misalnya menjadi function runTo(Direction direction, int step); player.runTo(Direction.Right, 10). Function tersebut cukup jelas bahwa operasinya merupakan assignment, yang mana akan me-set posisi pemain sebanyak 10 step ke arah kanan dari posisi nol.

Function seperti function resize(int height, int width); function resizeTo(int height, int width); function enlarge(int height, int width);. Function resize tidak terlalu jelas apakah merupakan assignment atau addition, sementara resizeTo dan enlarge dapat digunakan untuk memperjelas operasinya.

Conclusion

Apabila dalam me-desain sebuah function, pastikan nama function tersebut jelas operasinya. Apabila dalam menggunakan sebuah function yang nama operasinya tidak jelas, test dulu dengan beberapa kode snippet untuk mempermudah debugging.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s