Newbie? Baca ini dulu

“Liburan sebentar lagi nih, iseng-iseng mau belajar programming ah”

“Mau coba cara bikin website e-commerce nih”

“Mau coba pemograman android nih”

Mulai dari mana ya?

Pemula-pemula yang baru mau mulai masuk ke dunia programming / IT biasanya dipenuhi pertanyaan-pertanyaan seperti “bagaimana caranya”, “mulai dari mana”, “cari di mana”, “ada contohnya nggak” dan lain-lainnya. Sementara, sebagian besar programmer berpengalaman, yang sehari-hari kerjaannya nge-google nyari-nyari info dan solusi, rata-rata nggak suka dengan pertanyaan seperti itu. Rata-rata programmer memang harus bisa mandiri dan bisa cari (baca: google) solusi sendiri. Tapi pemula yang nggak ngerti apa-apa juga akan bingung mau cari apa. Maka dari itu, sebelum mulai bertanya ada baiknya baca petunjuk-petunjuk ini dulu:

Persyaratan menjadi programmer

Sebelum memulai dengan petunjuk-petunjuk, ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi agar seseorang bisa menjadi programmer. Kamu perlu tahu kriteria ini dulu agar nggak menyesal / salah jalan di kemudian hari.

  • Rajin membaca
    Kalau kamu malas atau nggak suka membaca, apalagi yang detil-detil / rinci, lebih baik dalami hobi / profesi lain. Sebagian besar pekerjaan programmer ya membaca (dokumentasi, baca kode) hingga yang detil-detil.
  • Rajin mencari tahu (bukan tempe)
    Untuk bisa me-develop dan memperbaiki kerusakan applikasi, programmer perlu mencari tahu dulu cara-cara develop atau kesalahan-kesalahan program agar bisa diperbaiki.
  • Mental baja dan rajin mencoba
    Saat melakukan development / perbaikan, kemungkinan sangat besar bagi programmer untuk dihadapkan dengan error di tengah jalan. Hal ini sudah jadi rutinitas programmer. Kalau kamu tipe orang yang mudah menyerah setelah satu atau dua kali percobaan, lebih baik jangan mendalami programming, tidak baik untuk mental dan kejiwaan.

Mungkin masih banyak kriteria-kriteria lain yang tidak saya sebutkan di atas, namun menurut saya tiga kriteria tersebut adalah yang paling utama harus dimiliki oleh programmer. Kalau salah satu dari tiga kriteria tersebut tidak terpenuhi, saya menyarankan untuk tidak lanjut mendalami pemograman. Namun tidak ada larangan untuk melanjutkan, hanya saja resiko dan bahaya ditanggung sendiri.

Sebagai alternatif, Adobe photoshop / illustrator / 3ds max / autocad dan semacamnya “mungkin” masih lebih cocok karena banyak tutorial yang bisa lewat youtube. Kalau ada saran lain akan saya tambahkan di sini.

Memulai petualangan ke dunia pemograman

Memilih bahasa pemograman

Pilihlah bahasa pemograman yang cukup mudah untuk pemula. Seiring dengan keahlian yang bertambah, mempelajari bahasa pemograman lain akan lebih mudah dibandingkan bahasa pemograman pertama kalian. Saya menyarankan javascript atau PHP. Javascript karena kalian bisa langsung belajar di JSFiddle. Link itu adalah modul yang saya siapkan untuk mempermudah belajar javascript dari awal.

Untuk PHP, karena bahasanya memang mudah dan sangat pengertian dengan error-error bagai pemula. Bila dimulai dengan kedua bahasa tersebut, kalian nanti akan belajar HTML dengan sendirinya.

Belajar bahasa inggris

Seluruh dokumentasi dan diskusi / solusi yang saya dapatkan berbahasa inggris. Untuk pemula, banyak blog-blog berbahasa Indonesia yang bisa dipakai untuk belajar. Namun seiring bertambahnya kemampuan dan tingkat kesulitan, bahasa inggris menjadi kebutuhan dalam pemograman.

Pemograman menggunakan banyak simbol-simbol, seperti tanda kurung (), bintang *, tanda tanya ? dan sebagainya. Terkadang perlu melakukan pencarian tanda baca tersebut terhadap suatu bahasa pemograman untuk mencari tahu kegunaannya. Contohnya: double pipe in javascript. Untuk itu, link berikut berisikan daftar tanda baca dalam bahasa inggris: https://www.w3schools.com/charsets/ref_html_ascii.asp.

Googling dulu, baru tanya

Ini seperti aturan yang tidak tertulis di dunia pemograman. Dan pepatah “malu bertanya sesat dijalan” tidak berlaku di forum dunia pemograman.

Saya yakin, bila skill programming belum tinggi, semua kasus / pertanyaan yang dimiliki pasti sudah pernah ditanyakan, dan bisa dicari di google. Cari dulu di google, usahakan dalam bahasa inggris. Bila tidak ketemu, baru bertanya, disertai penjelasan langkah-langkah yang sudah dilakukan atau kalimat pencarian google yang pernah dipakai dalam pencarian untuk kasus itu.

Instalasi dan Hello World

Untuk memulai development, rata-rata bahasa pemograman perlu dilakukan instalasi terlebih dulu. Karenanya kalian perlu memulai tahap instalasi sebelum memulai pemograman. Instalasi mungkin tidak berlaku di javascript, karena javascript bisa langsung dipraktek-kan di fiddle (link di atas) atau lewat browser.

Contoh mencari instalasi PHP di windows: instalasi php di windows. Ubah kalimat pencarian bila lebih ingin spesifik, misal windows 10 atau php7.

Kemudian cari artikel hello world di bahasa yang ingin digunakan. Misal: hello world di php. Umumnya di artikel tersebut sudah ada petunjuk instalasinya juga.

Istilah-istilah pemograman

Dunia pemograman dipenuhi banyak istilah. Bila kalian sudah berhasil mencoba hello world dan beberapa percobaan lainnya, berikutnya cukup baik untuk mengetahui istilah-istilah dalam pemograman. Link berikut berisi beberapa istilah pemograman yang menurut saya cukup penting (dalam bahasa inggris): http://www.programmingforbeginnersbook.com/blog/expand_your_programming_vocabulary/.

Buat project-project kecil

Belajar memang membosankan. Tetapi bila berkarya sambil belajar akan menarik dan menyenangkan. Setelah paham dengan teknik-teknik pemograman dasar, mulailah membuat proyek-proyek kecil yang mudah namun bermanfaat untuk belajar. Beberapa ide dari saya:

  • Kalkulator
    Tidak perlu sehebat kalkulator biasa. Anggap saja user bisa mengisi 2 nilai, dan program menghasilkan hasil tambah / kurang / bagi / kali nya berapa. Dilanjutkan dengan pilihan untuk operasi tambah / kurang / bagi / kali tersebut.
  • Pengubah satuan
    Semisal user mengisi 5 km, dan applikasi akan menghasilkan 5000 m. Kg ke gram dan sebagainya.
  • Penghitung kalimat
    User mengisi sebuah kalimat / paragraf, lalu applikasi akan menghasilkan jumlah kata, jumlah huruf, jumlah spasi, jumlah huruf vokal (aiueo) dan konsonan (selain aiueo).
  • Kuis pilihan ganda
    User disuguhkan sejumlah pertanyaan (misal 5 pertanyaan) pilihan ganda. Di akhir applikasi akan ditampilkan jumlah jawaban yang benar dan yang salah.

Link-link berikut berisi ide-ide proyek untuk dikembangkan menjadi applikasi:

Penutup

Untuk memulai pemograman, perlu memperbanyak mencari tahu dan membaca. Mencari tahu terlebih dulu di google sebelum bertanya akan sangat membantu diri sendiri dan juga komunitas di forum. Lalu jangan mudah menyerah dan rajin-rajin mencoba agar bisa berkembang dalam pemograman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s